Kamis, 06 Mei 2010

SRS


PENDAHULUAN
Sekilas Perusahaan
PT. Simpana Baranga merupakan perusahaan yang bergerak di bidang
jasa pergudangan. Perusahaan ini menyediakan ruang gudang yang bisa
disewa oleh perusahaan lain. Sepuluh gudang dengan luas masing-masing
1500 m2 dengan dukungan alat-alat berat untuk menurunkan dan menaikkan
barang dari kendaraan pengangkut dan pengaturan barang di gudang
merupakan fasilitas yang dimiliki oleh perusahaan ini.
Penyewa dibagi menjadi dua kategori yaitu penyewa tetap dan penyewa
tidak tetap. Penyewa tetap adalah perusahaan yang memiliki kontrak
perjanjian kerjasama minimal satu tahun untuk menyewa ruang gudang
sedangkan penyewa tidak tetap hanya menyewa tempat dalam kurun waktu


kurang dari satu tahun. Penyewa tidak tetap ada yang menyewa dan
menitipkan barangnya hanya dalam jangka waktu beberapa hari saja.
Perkembangan terakhir menunjukkan bahwa jumlah penyewa dan barang
yang dititipkan menjadi semakin banyak. Staf gudang memerlukan cara yang
cepat untuk mencari lokasi penempatan baik ketika barang masuk maupun
barang keluar. Selain itu, perlu juga dipantau status penuh atau tidaknya
lokasi penempatan barang (lot) dalam gudang.

Tujuan

Software Requiretment Specification (Spesifikasi Persyaratan Software ) ini menggambarkan fungsi software dan persyaratan fungsional untuk realeasi 1.0 dari Aplikasi Pelacakan Barang. Dokumen ini dimaksudkan untuk digunakan oleh anggota dari tim project yang akan mengimplementasikan dan memverifikasi fungsi yang tepat dari Aplikasi. Kecuali catatan lain, seluruh persyaratan yang ditetapkan disini mempunyai prioritas yg tinggi dan dilakukan untuk realease 1.0

Keuntungan penggunaan aplikasi  ini diantaranya adalah :
1.    peningkatan kompetensi SDM,
2.    Pengurangan ketergantungan pada staff khusus,
3.    Peningkatan success ratio dimana secara cepat dan tepat untuk mencari lokasi tepat barang masuk akan ditempatkan dan dimana barang keluar akan diambil
4.    Memantau status dari ada dan tidak tersedianya lokasi penempatan barang dalam gudang
5.    Dapat memberikan laporan informasi kepada semua pihak dan statistik secara relevan dan cepat
6.    Tersedianya sarana pencapaian visi, misi dan tujuan bersama, dan software ini juga menjadi nilai tambah bagi perusahaan






Ketentuan Dokumen

Ketentuan dalam penulisan Spesifikasi Persyaratan Software ini menggunakan font Arial. Ketentuan lain mengenai penulisan bisa menggunakan jenis font yang berbeda, misalnya untuk bagian dokumen yang mempunyai prioritas tertentu untuk persyaratan level tertentu dengan persyaratan yang lebih detail lagi. Atau setiap persyaratan mempunyai prioritas tertentu.

Partisipan yang dimaksud dan Saran Pembaca

Spesifisikasi Persyaratan Software ini untuk para Developer, Project Manager dan Pembuat dokumentasi  Dalam membaca dokumen ini, penulis menganjurkan untuk membaca sesuai dengan urutan yang telah ditetapkan yang dimulai bagian pendahuluan


Lingkup produk dan Fitur Produk

merupakan suatu Aplikasi untuk pengelolaan yang memungkinkan informasi, pemilahan, penyimpanan dan penggunaan  ruang gudang
Adapun ruang Lingkup dalam sistem ini adalah

1.    Mengelolah data barang masuk mulai dari pendaftaran, Cross Check Lot 

2.    yang masih kosong hingga dimana lokasi penempatan barang di gudang.

3.    Mengelolah data barang keluar mulai dari cross Check  letak lot barang

4.    Perhitungan tarif (biaya ) dari lama barang yang dititipkan penyewa tidak tetap. sampai tanda terima bukti  pengambilan barang di tempat yang telah ditentukan

5.    Memantau statistik barang di setiap gudang.

6.    Laporan Penyewaan

7.    Otentikasi pengguna

Hal - hal lain yang berhubungan dengan hal tsb diatas

1.  Manajemen dan informasi karyawan

2.  Manajemen alat-alat berat seperti Forklift , Trolly dsb

3.  Perkiraan penyewa tidak tetap.

DAFTAR ISTILAH

Ø  System Aplikasi Manajemen Penyewaan Ruang Gudang adalah System yang meemantau status dari ada dan tidak tersedianya lokasi penempatan barang dalam gudang dan dapat memberikan laporan informasi kepada semua pihak dan statistik secara relevan dan cepat

Ø  Tanda Terima Bukti Penyewaan (TTBP) adalah bukti bahwa penyewa telah menggunakan fasilitas gudang yang telah disediakan oleh pihak perusahaan

Ø  Usecase diagram :
Merupakan salah satu diagram untuk memodelkan aspek prilaku system. Masing-masing diagram use case menunjukansekumpulan usecase,actor dan hubungan. Diagram usecase adalah pentinguntuk menvisualkan,menspesifikasikan dan mendokumentasikan kebutuhan prilaku system. Usecase diagram adalah interaksi antara actor eksternal dan system, hasil yang dapat diamati oleh actor,berorientasi pada tujuan, dideskripsikan di diagram  usecase dan teks. Diagaram usecase melibatkan :
1.     System yaitu sesuatu yang kita bangun
2.     Actor, segala sesuatu yang perlu berinteraksi dengan system untuk pertukaran informasi Usescase adalah fungsionalitas yang di persepsi oleh actor
3.     Relasi adalah relasi antara actor dengan use caseSkenario  adalah serangkain langkah-langkah yang menjabarkan sebuah interaksi antara seseorang pengguna dengan sebua system




Ø  LOGIN : Suatu pintu gerbang yang dilalui oleh user untuk masuk kedalam sistem

Ø  Password : Sistem keamanan yang diberikan oleh sistem untuk mengenali bahwa user telah terdaftar di sistem

Ø  Validasi dan Otentifikasi ) : Suatu fitur yang memberikan nilai sah bahwa data yang dimasukan sesuai dengan sistem

Ø  User : Pengguna dari Sistem


Kelas Pengguna dan Karakteristik

Admin User Admin mempunyai level tertinggi dalam Sistem Aplikasi.
Terdiri dari menu untuk memaintain:
User
Mail
Server
Backup
Logging

USES CASE DIAGRAM 1



Skenario Use Case  Diagram 1

Aktor Utama : Admin
Pra Kondisi : Membuka Aplikasi Utama .exe


-       Admin Membuka System
-       Admin melakukan login dan memasukan password admin
-       Otorisasi dan otentifikasi
-       Admin membuka System Master
-       Admin Mendaftar User berikut login name dan password Awal
-       User mengisikan Profil User


USES CASE DIAGRAM 2


Aktor Utama : User
Pra Kondisi : Nill

Skenario Utama Diagram 2

-       Jalankan Aplikasi , Pengguna diminta untuk login dan password pertama yang diberikan oleh ADMIN
-       Sistem akan melakukan Otentifikasi user dan password yg di input
-       Layar Utama akan tampil jika proses otentifikasi sukses
-       User diperkenankan untuk mengganti Password secara berkala dimana fitur tersebut disediakan di Layar Utama

Skenario Alternatif Diagram 2

-       Setelah proses otentifikasi dan otorisasi dan terjadi kegagalan karena sistem tidak menemukan data user valid
-       Sistem akan mengeluarkan Alert bahwa user salah memasukan Login name dan atau password
-       Untuk mengamankan sistem Sistem akan memberikan kesempatan kepada user hanya 3 Kali Kesempatan
-       Jika gagal Sistem akan memberikan pesan bahwa user harus menghubungi Pihak Administrator



Asumsi dan Ketergantungan

Aplikasi  merupakan sistem yang ada pada perusahaan yang para penggunanya berada pada jaringan perusahaan


FITUR SISTEM

Login Form
Description and Priority
Untuk memasuki Aplikasi , pengguna yang telah didaftarkan
sebelumnya dapat langsung memasuki sistem dengan menggunakan User dan Password yang ada.
User yang belum terdaftar dapat mendaftar langsung dengan memasuki menu sign up. Kemudian
Adminstrator dapat menyetujui atau tidak pengguna tersebut.

Search
- Simple Search
Menu pencarian sederhana. Digunakan untuk melakukan pencarian Aplikasi  yang ada dalam database

- Advance Search
Fasilitas pencarian untuk melakukan pencarian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan

Kasus : Pencarian lokasi kosong untuk ditempatkan

Expert Search
Fitur untuk melakukan pencarian lokasi barang masuk akan ditempatkan sesuai dengan secara khusus

COP
Fitur yang berupa menampilkan lokasi barang yang keluar akan diambil


Data Transaksi Penyewa
Berisi data data penyewa yg terdaftar dan Ruang yg disewa berikut atributnya
Menampilkan informasi dari seluruh Lot terisi & lot kosong




LAPORAN DAN STATISITIK

Berisi fitur yang menampikan laporan dan statistik dari transaksi penyewaan yang digunakan

Menu Admin
Menu Admin yang berisi menu menu untuk melihat, mengupdate, dan mengatur User, File, Forum,
Server, Aplikasi, Agenda, Task,
Backup.




silakan anda klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar