Kamis, 06 Mei 2010

Rencana Proyek

Rencana Proyek PT. Simpana Baranga
Kelompok 5 - SI6D


Rencana Manajemen penyewaan ruang gudang

1.     Ringkasan Proyek

1.1                         Ikhtisar Proyek

System Aplikasi Manajemen Penyewaan Ruang Gudang adalah System yang memantau status dari ada dan tidak tersedianya lokasi penempatan barang dalam gudang dan dapat memberikan laporan informasi kepada semua pihak dan statistik secara relevan dan cepat

1.2                          Ruang Lingkup Proyek

Seperti yang telah dijelaskan pada SRS , ruang lingkup proyek ini adalah Mengelolah data barang masuk mulai dari pendaftaran, Cross Check Lot yang masih kosong hingga dimana lokasi penempatan barang di gudang, Mengelolah data barang keluar mulai dari cross Check  letak lot barang, Perhitungan tarif (biaya ) dari lama barang yang dititipkan penyewa tidak tetap. sampai tanda terima bukti  pengambilan barang di tempat yang telah ditentukan, Memantau statistik barang di setiap gudang, Laporan Penyewaan, Otentikasi pengguna




1.1                          Proses Pengembangan

Pengembangan perangkat lunak yang kami pakai adalah model itterative.  Produk yang akan dikembangkan menggunakan 2 langkah yaitu :

Iterasi Pertama:
NO
Modul
Tujuan
1
Membangun Database
Memanajemen Basis Data
2
Interface
Tampilan
3
Membuat,Menghapus,Mengubah Database

Pengolahan data modul untuk mempertahankan basis data
4
Check Lot
Mengelolah data barang keluar dan barang masuk
5
Pembuatan Laporan Penyewaan
Mengelolah laporan bulanan

Iterasi Kedua: Interasi ini akan melengkapi produk dengan fungsional penuh, berikut ini adalah perangkat tambahan akan di lakukan dalam interasi ini :
No
Modul
Tujuan
1
Sistem outenkasi pengguna

Fasilitas ini adalah fasilitas Login sederhana, yang disediakan untuk mengakses database.

2
Modul Instal
Penerapan Sistem untuk tahapan testing



1.2                         Upaya dan Jadwal Tim

Tim ini terdiri dari 4 orang berikut:
a.      Evi Nurmayasari
b.      Abdul Rozaq
c.       Zelly Rubiyanti
d.      Irma Puri Rahayu

Berikut adalah jadwal dan usaha selama 2 interasi
Interasi
Tanggal Mulai
(dd/mm/yyyyy)
Tanggal Selesai
(dd/mm/yyyyy)
Total Waktu
(Orang-Jam)
Interasi  ke-1
06-05-2010
01-06-2010
144
Interasi ke- 2
03-06-2010
15-06-2010
72

Jumlah waktu yang dibutuhkan : 216
Jumlah hari yang dibutuhkan    : 27
Akhir pengiriman tanggal          : 17/06/2010

1.3                         Asumsi Yang Dibuat

Asumsi tetap berpedoman pada SRS yang telah dibuat.




1.     Detil usaha yang dan Jadwal


Kami menggunakan pendekatan bottom up untuk pengembangan. Dalam hal ini kami daftar modul utama dan tugas-tugas dan kemudian memperkirakan upaya kerja dan jadwal. Tugas tugas untuk anggota proyek juga ditentukan

2.1                          Interasi Pertama

No
Tugas
Perkiraan Upaya
Mulai
Selesai
Orang
1
Pengolahan Database
32
06/05/2010
11/05/2010
Evi
2
Rancangan Antar Muka
24
12/05/2010
17/05/2010
Evi
3
Membuat/Menghapus/Mengubah Trasnsaksi
40
16/05/2010
24/05/2010
Zelly
4
Check Lot
16
25/05/2010
26/05/2010
Zelly
5
Pembuatan laporan penyewaan
24
27/05/2010
01/06/2010
Rozaq
6
Sistem Pengujian Iterasi-1
8
02/06/2010
02/06/2010
Irma

Upaya diperkirakan orang-jam untuk menyelesaikan iterasi pertama (termasuk uji): 144 jam

2.2  Interasi Kedua
NO
Tugas
Perkiraaan Upaya
Mulai
Usaha
Orang
1
Sistem Autentikasi Pengguna
24
03/06/2010
07/06/2010
Evi
2
Instalasi Sistem
8
08/06/2010
08/06/2010
Zelly
3
Sistem Pengujian Interasi ke-2
16
09/06/2010
10/05/2010
Irma
4
Dokumentasi Produk
24
11/06/2010
15
Rozaq
Upaya diperkirakan orang-jam untuk menyelesaikan iterasi kedua (termasuk uji): 88 jam


2.     Organisasi Tim

Kami memiliki tim yang kecil, maka kami menggunakan struktur tim datar teman sebaya, dengan satu orang memiliki peran tambahan manajer proyek. Berikut tabel tugas organisasi :

No
Nama
Peran
1
Evi Nurmaya Sari
Programmer 1
2
Zelly Rubiyanti
Programmer 2
3
Irma Puri Rahayu
Tester
4
Abdul Rozaq
Analisis

Tugas tugas kepada mereka akan dipertahankan dalam jadwal rinci, tingkat-tinggi pandangan yang diberikan di atas.

3.     Hardware dan Software yang diperlukan sumber daya

Sumber daya perangkat keras hanya diperlukan adalah Local Area Network. Berikut ini adalah utama sumber daya perangkat lunak yang diperlukan:

No
Software/Hardware
Tujuan
1
Hub
Perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer1, physical layer
2
Router

Merupakn perangkat jaringan yang bekerja pada OSI layar kerja,network layer.
3
Repeater

Berfungsi untuk memperkuat sinyal dari sebuah segmen jaringan ke segmen jaringan lainnya, repeater bermanfaat untuk mengatasi keterbatasan panjang
kabel karena sinyal yang melemah setelah menempuh jarak tertentu dapat diperkuat kembali.









4
Firewall

System keamanan pada sebuah jaringan, firewall dapat berupa perangkat keras maupun perangkat lunak. Tugas firewall adalah mencegah yang tak berizin agar tidak dapat masuk ke dalam  jaringan
5
SQL 2005
SQL adalah bahasa yang digunakan untuk mengakses database yang relasional
6
Visual Basic
Merupakan Salah Satu bahasa Pemrograman Yang Object Oriented Program(OOP) atau Pemrograman yang berorientasi Pada Object

4.     Rencana Mutu
Proses pengendalian mutu untuk proyek ini akan terdiri dari:
a)      SRS dan Arsitektur Review: The SRS dan Arsitektur WHOT akan ditinjau oleh tim atau orang-orang dari luar.
b)      Desain Review: Desain dokumen akan dilihat oleh tim proyek.
c)      Pengujian Unit: Setiap programer bertanggung jawab untuk Unit Pengujian modul-nya. Buat modul / Hapus / Ubah nama / Edit / Keamanan / Transaksi dan Perhitungan biawa sewa akan diuji dengan unit. Untuk beberapa modul, unit Laporan pengujian akan diproduksi.
d)      Sistem Pengujian: Akan dilakukan sesuai dengan rencana pengujian sistem, yang akan menggambarkan strategi pengujian serta daftar semua kasus uji.




5.     Rencana Manajemen Risiko

No
Resiko
Probabilitas
Efek
Cara Mengatasi
1

Staff inti sakit pada saat-saat kritis proyek
Tinggi
Serius

Organisasi ulang tim shg timbul overlap pekerjaan dan SDM.
Setiap staff membuat record hasil kerja, sehingga ketika berhalangan dapat diteruskan oleh staff yang lain
2

Pelanggan tidak memahami dampak perubahan persyaratan
Tinggi
Serius

Telusuri informasi untuk menilai akibat perubahan persyaratan, dan usahakan perubahan dapat seminimal


3

Ukuran perangkat lunak diperkirakan terlalu kecil
Sedang
Bisa Diatasi

Penambahan jumlah jam kerja



4

Tampilan program mungkin tidak sesuai karna tidak dimuat dalam SRS
Tinggi
Serius

Adanya komunikasi yang baik antara pihak perusahaan dan pihak pengembang
5

Kualitas produk tidak baik
Sedang
Bisa Diatasi

Perencanaan dalam tahap analisis mempengaruhi dari segi kualitas program







6.     Proyek Pelacakan
Karena proyek kecil, pelacakan yang rumit tidak diperlukan. Berikut ini adalah proyek pelacakan rencana:

a)      Kami akan melacak lokasi lot di mana tempat barang yang dititipkan pelanggan dan mencari lokasi – lokasi lot yang kosong.
b)     Statistik penyewaan gudang akan dilaporkan bulanan.
c)      Statistik pada tiap masing-masing gudang
Laporan kegiatan operasional  kepada manager.




kalo mau lihat hasil karya kita,
Klik Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar